Info tentang pengetahuan ilmu Sastra Indonesia, Inggris, Arab, serta Budaya bangsa dan Usaha Ekonomi Masyarakat

Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar

Unknown




Hidup sehat memang menjadi keinginan setiap manusia tanpa kesehatan segala yang dilakukan akan terasa menyakitkan, banyak orang yang menginginkan kesehatan tetap tidak banyak orang yang melakukan perbuatan agar mendapatkan kesehatan. Begitulah manusia. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang gaya hidup sehat . dan cara melakukannya pun tidak menghabiskan banyak biaya. Asalkan ada kemauan pasti ada jalan, bukankah itu pepatah zaman duhulu.

Jadi kalau ingin sehat harus melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan , khususnya pada diri sendiri umumnya pada orang lain. Jika kita sehat maka kita akan sulit mendapat penyakit. Untuk mempunyai tubuh dan jiwa yang sehat ada banyak cara yang bisa di jalani, namun memang tidak mudah untuk mengubah pola hidup yang tidak teratur menjadi pola hidup yang sehat. Akan ada banyak kendala yang harus anda hadapi, biasanya kendala terbesar adalah rasa malas dan seringnya menyepelekan pentingnya kesehatan.

Maka dari itu kalau sudah ada niatan untuk hidup sehat maka selanjutanya dilakukan dengan konsisten , tidak hanya satu kali namun dilakukan dengan berkelanjutan. Agar hidup sehat bisa tercapai dengan maksimal. Kesehatan berasal dari diri sendiri dan akan berdampak pada diri sendiri. Maka jangan lupa untuk melakukan segala hal yang membuat anda Sehat.

 6 Cara Hidup Sehat yang Perlu kita Ketahui
1. Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan adalah salah satu faktor utama yang menunjang kesehatan, jika kurang memperhatikan kebersihan baik kebersihan diri, kebersihan lingkungan maupun kebrsihan jiwa maka akan sangat mudah penyakit bersarang pada tubuh kita. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, dan membersihkan segala kotoran di tempat tinggal kita.

Sangat wajib hukumnya mencuci tangan sebelum makan, agar kuman yang menempel di tangan tidak menempel di makanan. Membuang sampah pada tempatnya memang kelihatan sepele tetapi jika tidak dilakukan maka dampak negatifnya akan lebih banyak kepada diri sindiri maupun orang lain. Membersihkan seluruh isi rumah juga sangat penting karena bukan kesehatan anda saja yang harus dijaga, kesehatan seluruh anggota keluarga juga harus dijaga.

Jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, maka ada potensi anda dan anggota keluarga yang lainnya ikut tertular, ini sangat merepotkan karena jika sudah sakit pasti akan menghambat segala aktifitas yang ingin dikerjakan. Masih banyak lagi yang anda bisa lakukan untuk menjaga kebersihan.

2. Menjaga Pola Makan
Menjaga pola makan merupakan salah satu cara agar kita tetap sehat. Jika kita tidak bisa menjaga Pola makan maka segala makanan akan masuk kedalam diri kita dan segala penyakit juga akan masuk pada diri kita. Karena apa yang kita makan akan berhubungan dengan proses kinerja anggota badan pada tubuh kita. Maka seharusnya kita menjaga makanan yang akan masuk pada diri kita.

Jiika tubuh kita mengkonsumsi makanan/minuman yang tidak bergizi maka akan menyebabkan berbagai penyakit bermunculan. Sedangkan jika kita mengkonsumsi makanan / minuman yang menyehatkan maka akan berdampak baik untuk tubuh. Jika kita ingin sehat maka mari makan makanan 4 sehat 5 sempurna!

Sebaiknya kita mengurangi konsumsi pada junk food, minuman bersoda, makanan berkolestrol tinggi, minuman beralkohol, makanan/minuman berpengawet, dan berbagai jenis makanan/minuman lainnya yang berdampak negatif untuk tubuh kita. Mari kita makan makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan kita.

Jangan sampai makan makanan secara berlebihan karena walaupun apa yang kita makan adalah makanan yang bergizi tapi jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit yang akan merugikan diri kita.


3. Memperbanyak Menggerakkan Badan
Memperbanyak menggerakkan badan adalah salah satu cara hidup sehat yang mudah dan gratis. Oleh sebab itu jangan sampai kita meninggalkannya karena bisa merugikan diri kita sendiri. Olahraga mungkin salah satu cara yang sering digunakan oleh orang-orang untuk membuat hidupnya jauh lebih sehat. Baik itu berlari pagi, bermain bola basket/futsal/volley, fitness, dll. Karena semua itu adalah langkah yang sangat baik dan harus dilakukan jika ingin memiliki hidup yang sehat.

Namun bukan hanya olahraga seperti itu saja yang harus kita lakukan, semua hal yang membuat anda banyak bergerak tentu akan menyehatkan. Misalnya menyelesaikan pekerjaan rumah, atau bermain game yang membuat banyak keringat keluar dari tubuh kita. Intinya kita tidak boleh malas untuk bergerakdan beraktivitas.

Mengapa demikian? karena banyak penyakit yang bisa timbul nantinya bila kita malas bergerak, penyakit penyakit itu akan membahayakan diri kita seperti serangan jantung, diabetes, hipertensi, osteoporosis, kanker payudara dan masih banyak lagi. Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut.

4. Jangan merokok
Merokok merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh orang banyak orang untuk menghilangkan rasa setres, kantuk dan lain sebagainya. Namun bahaya rokok lebih besar dari pada manfaatnya. Oleh sebab itu sebaiknya kita menjauhkan diri dari merokok. Mumpung masih banyak waktu Mari kita tinggalkan kebiasaan merokok, merokokdapat membahayakan diri sendiri bahkan mebahayakan orang lain di sekitar kita.

Pemerintah saat ini sangat menganjurakan rakyatnya untuk meninggalkan kebiasaan merokok, karena merokok dapat menyebabkan sakit jantung, gangguan ibu hamil, dan lain sebagainya. Meroko juga menghabiskan banyak uang jika kita kecanduan merokok. Dari pada di buat beli rokok lebih baik di tabung untuk biaya masa depan.

5. Memperhatikan waktu tidur

Tidur merupakan salah satu pola hidup sehat. Jika kurang tidur akan mengganggu kesehatan kita. Jika banyak tidur juga akan mengganggu kesehatan kita. Maka sebaiknya kita mengatur waktu tidur dengan sebaik-baiknya. Untuk kita yang sangat sibuk menjalani aktifitas sehari-hari mungkin terkadang lupa untuk menghargai waktu istirahat. Pola tidur kita berantakan, tidur larut malam kemudian bangun di pagi hari. Padahal kurangnya istirahat dapat mengganggu konsentrasi kita

Jika sudah begitu mari kita usahakan untuk mencuri-curi waktu luang di siang hari, waktu yang tepat mungkin pada saat jam istirahat. Cobalah untuk mengistirahatkan tubuh kita sekitar 20 menit, karena dengan tidur sejenak pikiran akan kembali jernih dan kita akan memiliki konsentrasi yang baik.

6. Memperbanyak Minum Air putih

Minum air putih merupakan salah satu cara hidup sehat , maka sebaiknya kita memperbanyak minum air putih. Air putih juga mempunyai banyak manfaat diantaranya melancarkan pencernaan, menambah energy tubuh, mengontrol berat badan , membuang racun yang ada pada tubuh melalui urine dan lain sebagainya.

Jika kita sering bekerja dengan duduk, maka sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih dengan duduk , karena untuk menghindari penyakit ginjal. jika ingin kencing jangan sampai ditahan.

Begitulah 6 cara HIDUP SEHAT, jika kita ingin kesehatan maka lakukanlah dengan sebaik-baiknya, karena saat ini kesehatan sangat mahal harganya dan sudah banyak warga yang mengalami gangguan kesehatan. Cukup sekian,
LAKUKAN LAKUKAN dan LAKUKAN,,,

Semoga Bermanfaat buat kita Semua....

1 comments: