Info tentang pengetahuan ilmu Sastra Indonesia, Inggris, Arab, serta Budaya bangsa dan Usaha Ekonomi Masyarakat

Contoh SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) Pengantar Kajian sastra

Unknown



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

MATA KULIAH                   : Pengantar Kajian Sastra
Kode MATA KULIAH         : SSN-147
SKS                                         : 2 SKS
Waktu pertemuan                    : 1 X 2 X 50 jam/menit
Pertemuan ke                          : II
A. 1. TIU                              : Mahasiswa mampu (1) mengetahui hakikat karya sastra; (2) mendeskripsikan studi sastra dengan baik; (3) menjelaskan hubungan sastra (Indonesia) deengan ilmu-ilmu lain: sosiologi, sejarah, pemikiran, psikologi, dll.
2. TIK                               : Mahasiswa mampu menunjukkan pengetahuan yang memadai tentang sastra dan hubungannya dengan tulisan.
B. Pokok Bahasan                   : Epistemologi Sastra
C. Sub Pokok Bahasan           : 1. Sastra dan tulisan
                                                  2. Ciri-ciri sastra dan bahasa tulis
D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan
1.   Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke II
2.   Menjelaskan pentingnya mempelajari materi tersebut
3.   Menjelaskan kompetensi dalam TIU dan TIK pertemuan ke II
Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan
Buku referensi
Penyajian
4.   Menjelaskan tentang sastra dan tulisan
5.   Menjelaskan tentang ciri-ciri sastra dan bahasa tulis
Memperhatikan dan diskusi
Papan tulis dan buku referensi
Penutup
6.   Menutup pertemuan dengan:
a.       Merangkum sub pokok pada pertemuan ke II
b.      Menjelaskan pokok bahasan untuk pertemuan ke 3

Memperhatikan

Memperhatikan
Papan tulis

E. EVALUASI
     Pertanyaan-pertanyaan seputar materi II
F. DAFTAR PUSTAKA
 Luxemburg, Jan Van. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: PT. Gramedia.





                                                                                               Dedik Baihaqi
                                                                                                   120810247

0 comments:

Post a Comment